11 June 2016

Install Ulang Windows 7 Karena Black Screen Tanpa Ribet



logo windows 7

Namanya anak kecil, walau sudah diberitahu seringnya pasti mengulang apa yang dia suka. Karena kebiasaan kalau buru-buru mau pergi main, selesai main MotoGP atau nonton upin-ipin, laptop dimatikan hanya dengan menekan tombol power off (hard shutting down). Akibatnya pas besok dinyalakan, windows hanya menampilkan starting screen saja, bunyi welcome sound, habis itu, desktop tak kunjung tampil alias black screen… nah lho… gak bisa main laptop lagi..
black screen pada windows 7
Selanjutnya penulis coba reboot dan masuk melalui safe mode. Bisa sih main beberapa aplikasi game, tapi  banyak terbatasnya, gak ada bunyi lah, dan ini itu lainnya… namanya juga safe mode.. si abang tetep minta tolong dibenerin biar ada suaranya lagi..

Seperti biasa, penulis pun bertanya pada mbah gugel, dan disana banyak para master yang memberi solusi dengan cara masing-masing. Penulispun mencoba langkah-langkah install ulang yang dianjurkan. Pada umumnya solusi yang diberikan adalah install ulang yang dimulai dari BIOS. Untuk ini, penulis tentu harus melakukan persiapan seperti setting boot order, memformat flash disk agar bootable, dan sebagainya.

Dengan telaten solusi-solusi itu penulis coba, restart dan restart, akhirnya… tara… tak terasa waktu sudah banyak terbuang, namun black screen tak kunjung hilang.. hmm.. cem mane neh..

Sampai akhirnya penulis tak sengaja memperhatikan ada nama file “Setup” di file-file installer Win7, dan terpikir, kenapa gak dari sini mulainya..

Kepalang buang banyak waktu, penulis pun restart dan login windows melalui Safe Mode. Penulis membuka file “Setup” di installer yang sebelumnya sudah disimpan di flashdisk dan mengeksekusinya.. ternyata muncul kotak install win7 seperti ini..
kotak install windows 7
Penulis melanjutkan langkah-langkah yang tersedia pada proses instalasi. Dengan perasaan harap dan cemas, ternyata proses instalasi rampung sampai akhir, dan win7 laptop si abang jadi normal kembali.. syukur lah..

Kurang lebih seperti ini langkah-langkah untuk install ulang win7 yang sangat simple:

1. siapkan file installer win7 di flashdisk

2. pasang flashdisk

3. restart windows, lalu tekan F10 untuk masuk ke Safe Mode
pilihan Safe Mode
4. sistem akan startup ke windows dengan safe mode, lalu login
windows 7 start up
5. buka file installer win7 yang disiapkan tadi
file installer windows 7
6. eksekusi file “Setup.exe”, hingga tampil kotak instalasi
kotak instalasi windoes 7
7. lanjutkan langkah-langkah sesuai petunjuknya, seperti pilihan tipe instalasi (pilih customs), tipe win7 (penulis memilih yang 64 bit), tempat partisi yang akan diformat, dan sebagainya. 
pilihan tipe instalasi
pilihan partisi yang akan diisi windows 7

Dengan langkah yang penulis pakai ini, bila kita memilih satu partisi yang akan diisi win7 (misal C), maka partisi lainnya sama sekali tidak terganggu, dan file didalamnya aman jaya, tak perlu di backup.

8. Proses instalasi akan berjalan, biarkan saja
 
proses instalasi windows 7
menuntaskan instalasi feature
9. bila instalasi selesai windows akan restart untuk instalasi feature-feature yang dibutuhkan, setting lah feature yang dirasa penting. Kalau product key belakangan saja cari di gugel..hehe
windows restart
windows melakukan checking
10. Selesailah instalasi win7, selanjutnya silahkan install driver-driver yang masih dibutuhkan seperti grafis, sound, koneksi, dan sebagainya
desktop windows 7
O iya, perlu difahami di awal, bahwa kondisi komputer akan berbeda-beda, dengan masalah yang berbeda-beda. Langkah yang penulis alami mungkin tidak akan bekerja untuk masalah yang penyebabnya berbeda. Jadi, tetep perlu bersabar mencari solusi yang cocok ya.. hehe
Demikianlah pengalaman singkat penulis melakukan instalasi win7 tanpa ribet. Si abang pun bisa main sambil belajar lagi di laptop kesayangannya.

Selamat menemukan pengalaman Anda..!

No comments: